Sabtu, 06 Juni 2020

Gunung Cho Oyu


Cho Oyu (atau Qowowuyag, dalam चोयु Nepal, Tibet dalam transliterasi Wylie: jo bo yag DBU; Cina: 卓奥 , pinyin: Shan Zhuó'àoyǒu) adalah gunung keenam tertinggi di dunia pada 8.201 meter (26.906 kaki) di atas permukaan laut. Cho Oyu terletak di Himalaya dan 20 km barat Gunung Everest, di perbatasan antara Cina dan Nepal. Cho Oyu berarti "Turquoise Dewi" dalam bahasa Tibet. Cho Oyu pertama kali dicoba pada tahun 1952 oleh sebuah ekspedisi yang diselenggarakan dan didanai oleh Komite Bersama Himalaya Inggris dalam persiapan untuk usaha di Gunung Everest pada tahun berikutnya. Ekspedisi yang dipimpin oleh Eric Shipton dan termasuk Edmund Hillary & Tom Bourdillon, tetapi kesulitan teknis pada tebing es di atas 6650 m (21.820 ft) terbukti luar kemampuan mereka.


Gunung ini pertama kali naik pada tanggal 19 Oktober 1954, melalui punggungan utara-barat oleh Herbert Tichy, Yusuf Jöchler dan Lama Dawa Sherpa Tempat ekspedisi Austria  Cho Oyu merupakan puncak 8000 meter kelima untuk mendaki, setelah Annapurna. pada bulan Juni 1950, Nanga Parbat Gunung Everest Mei 1953, pada bulan Juli 1953 dan K2 pada bulan Juli 1954. Hanya beberapa mil barat Cho Oyu adalah La Nangpa (5716 m/18, 753 ft), lulus glaciated yang berfungsi sebagai jalur perdagangan utama antara Tibet dan Sherpa di Khumbu. Karena kedekatannya dengan ini berlalu dan lereng umumnya standar moderat rute barat laut punggungan, beberapa pendaki puncak Cho Oyu mempertimbangkan dari 8.000 meter menjadi yang paling mudah untuk mendaki, dan merupakan tujuan populer bagi pihak profesional dibimbing.

Oh ya buat kamu yang suka main gitar, ini ada aplikasi kunci gitar yang lengkap. Aku kemarin sudah download dan ternyata aplikasinya keren banget cuyy, lagu-lagunya lengkap mulai genre cover akustik hingga pop dan rock, pencarian lagunya juga gampang banget, desainnya juga OKE. cocok buat jadi teman dan refrensi saat di alam. Download aja aplikasi KUNCI GITAR DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar