Senin, 05 Oktober 2015

7 Hal yang perlu diperhatikan dalam mendaki Gunung

Teman-teman, kegiatan naik gunung saat ini semakin marak dan banyak peminatnya. olahraga mendaki gunung merupakan olahraga yang sangat menguras energi stamina serta semangat kita saat memulainya, tidak terbatas pendaki pemula, pendaki yang sudah berkali-kali menekuni kegiatan ini saja pun butuh persiapan extra matang baik kondisi badan maupun perkiraan medan pendakian.

untuk para pendaki, perlu diperhatian hal-hal yang harus kamu persiapkan sebelum memulai mendaki. yaitu :

1. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin seputar gunung yang akan didaki. Hal ini membantu mengetahui medan yang akan ditempuh nantinya. Informasi penting yang perlu diketahui adalah:
- Informasi jalur pandakian
- informasi lokasi Pos pendakian
- informasi ketersediaan air
- informasi karateristik gunung
- informasi medan.dll
informasi bisa didapatkan dengan membaca, browsing di google, atau langsung menanyakannya pada ahlinya langsung. Semakin banyak informasi yang diperoleh, semakin siap juga untuk melakukan pendakian.


2. Siapkan mental dan pastikan benar-benar yakin untuk mendaki gunung sehingga tidak ada beban ketika melakukannya. yaitu:
- olahraga rutin lari-lari
- makan makanan yang sehat dan bergizi
- tidur cukup
Seorang pendaki gunung harus tabah dalam menghadapi berbagai kesulitan dan tantangan di alam terbuka. Tidak mudah putus asa dan berani, dalam arti kata sanggup menghadapi tantangan dan mengatasinya secara bijaksana dan juga berani mengakui keterbatasan kemampuan yang dimiliki.

3. Siapkan peralatan pendakian yaitu :
perlengkapan pribadi
- Tas Carrier 60L atau 80L
- Sleeping Bag
- Senter
- Rain Coat/ jas Hujan
- Jacket Windproof
- Sepatu gunung
- Sandal Gunung
- Buff
- Topi
- Sarung Tangan
- Matras
- dll
perlengkapan tim
- Tenda
- Nesting
- kompor Windproof
- Bluegas
- Parafin
- Obat-Obatan P3K
- dll


4. Persiapan Logistik
Hitunglah lama perjalanan untuk menyesuaikan kebutuhan logistik. Berapa banyak harus membawa beras, bahan bakar, lauk pauk, dan piring serta gelas. Bawa wadah air yang harus selalu terisi sepanjang perjalanan.
Siapkan makanan dan air ekstra. Tujuannya untuk mengantisipasi cuaca buruk yang menyebabkan waktu pendakian molor.

5. Obat-Obatan Pribadi
Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi. Jangan sampai penyakit kambuh dan lupa membawa obat-obatan tersebut karena hanya akan membahayakan diri sendi

6. Izin dari pos pendakian
Sebelum pendakian dilakukan musti melapor dan memperoleh izin dari pihak-pihak terkait terutama di Pos Pendakian. Di pos pendakian ini, isilah buku tamu dengan mencantumkan lama pendakian, alamat lengkap dan nomor telepon keluarga atau teman yang dapat dihubungi bila terjadi musibah di gunung. Setelah kembali (turun) dari mendaki gunung jangan lupa untuk melapor kembali ke Pos Pendakian

7. Etika pendakian
Harus kita sadari sepenuhnya bahwa seorang pendaki gunung adalah bagian dari masyarakat yang memiliki kaidah-kaidah dan hukum-hukum yang berlaku yang harus kita pegang dengan teguh. Mendaki gunung tanpa memikirkan keselamatan diri bukanlah sikap yang terpuji, selain itu kita juga harus menghargai sikap dan pendapat masyarakat tentang kegiatan mendaki gunung yang selama ini kita lakukan.
Jangan pernah sekalipun menyepelekan peraturan. Sedikit saja kita berulah ketika mendaki gunung, maka kita akan menerima akibatnya. Banyak pantangan ketika kita akan mendaki gunung, jika melanggarnya maka akan berujung pada petaka.



Selamat Mendaki..

Oh ya buat kamu yang suka main gitar, ini ada aplikasi kunci gitar yang lengkap. Aku kemarin sudah download dan ternyata aplikasinya keren banget cuyy, lagu-lagunya lengkap mulai genre cover akustik hingga pop dan rock, pencarian lagunya juga gampang banget, desainnya juga OKE. cocok buat jadi teman dan refrensi saat di alam. Download aja aplikasi KUNCI GITAR DISINI

1 komentar: